Kamis, 01 Oktober 2020

Abon Ikan Tongkol


Alhamdulillah... Bisa ngisi blog lagi setelah 1 bulan vakum entah apa yang meracuni ku... Hingga aku malas mengisi blog padahal foto hasil belajar masak sudah ada, tinggal upload dan nulis aja seakan akan tidak ada waktu.. Huhu. 

Sedikit cerita ada niat bikin abon ikan homemade adalah krucil ku yang malas makan ikan, hanya ikan tertentu yang mereka suka. Sedangkan favoritnya selalu ayam goreng, mie goreng dan telur dadar. Jadi emaknya enak memang kalo nurutin kemauan makan mereka selain hemat juga gampang.. Tapi bukan itu tujuan mulia seorang ibu untuk kebutuhan anaknya terutama gizi anak memang harus terpenuhi, dan tercetuslah untuk membuat abon ikan tongkol. 

2 hari yang lalu gak sengaja membaca artikel tentang cara membuat abon, ternyata sederhana bumbunya cuma butuh bawang merah, bawang putih, lengkuas, kalo di resepnya ditambah sereh, tapi aku tadi gak pake karena harus cabut sereh di taman kok rasanya eman..wkwkwk, oiya lanjut ya.. ketumbar bubuk, garam, dan gula kelapa. 

Cara buatnya, duo bawang ditumis dengan sedikit minyak sayur, setelah duo bawang matang, ikan tongkol yang sudah dikukus dan dilembutkan dimasukkan, tambah ketumbar bubuk, gula kelapa dan garam, lengkuas. Di bolak balik biar nggak gosong, tunggu sampe benar2 kering, tidak ada kandungan air dalam abon supaya awet. Jangan lupa tes rasa. 

Daann... Suami bilang kalo abon buatanku enak, alhamdulillah... 💃💃💃💃




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakak ternyata suka sushi