Sabtu, 11 Juli 2020

Roti Sobek isi Coklat


Ini nih yang selalu bikin aku pengen bikin lagi dan lagi... Karena penasaran banyak sekali resep yang di share di ig, tapi yasudahlah karena ini dikonsumsi sendiri jadi ini versi terbaikku 😆

Kalo roti sobek yang ini aku bikin sangat cepat, alhamdulillah ragi berfungsi dengan baik, cuaca juga mendukung sehingga adonan bisa ngembang, bahkan ngembang nya bisa sampai kena atap oven waktu aku manggang diatas, jadinya agak kehitaman yg bagian atasnya... Tapi rotinya ini lembut, dibiarkan sampai 2 hari juga masih sama lembut nya. 

Tentang timbangan, aku pakai ilmu kira2 karena belum punya timbangan, nanti lah kalo ada rejeki aku mau beli 😁. 

Caranya
1. 20 sm tepung cakra
2. 4 sm gula halus
3. Sedikit ragi (1 st gak sampe) 
4. Susu cair setengah gelas blimbing
5. 1 butir telur

Ini diuleni pakai tangan atau pake hand mixer juga bisa, sampe setengah kalis. Kemudian ditambah butter 3 sm dan sedikit garam, lalu uleni atau mixer lagi sampai kalis. Nah kalo adonan gak kalis2, mending diistirahatkan dulu beberapa saat, trus uleni lagi sampai kalis elastis. Setelah adonan kalis elastis, diamkan dan ditutup pakai plastik sampai mengembang. 

Setelah mengembang, kempeskan lagi adonan supaya udara keluar dengan cara di tonjok2 (gak usah keras2), di ratakan dengan rolling pin dan diisi meses coklat, kemudian gulung adonan dan dimasukkan ke loyang, jangan lupa loyang sudah dioles mentega dulu, diamkan sampai mengenbang lagi sebelum masuk oven. Tunggu sampai matang dan setelah matang keluarkan roti sobek dan segera dioles mentega supaya atasnya glowing (boleh di skip). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kakak ternyata suka sushi