Selasa, 14 Juli 2020

Sate Jamur Tiram

Assalamu'alaikum.. Kali ini aku recook sate jamur tiram dari cookpad, lumayan ribet juga karena masaknya pagi2 sebelum berangkat kantor, karena lagi good mood jadi ayok aja...

Bahan :
2 bungkus jamur tiram
5 bamer
3 baput
2 kemiri
2 st ketumbar
1 st garam

Bahan oles :
Mentega
Kecap manis

Bumbu kecap :
Kecap manis
Bamer iris
Lombok rawit iris
Tomat (aku skip) 

Caranya :
1. Jamur tiram di suwir kemudian cuci bersih
2. Masukkan dalam air mendidih hingga lunak
3. Tiriskan dan peras jamur sehingga tidak ada kandungan air lagi
4. Tumis bamer, baput, kemiri, ketumbar dan garam sampai harum, matikan api dan masukkan jamur tiram (marinasi) selama 30 menit
5. Tata/tusukkan jamur pada tusuk sate, dibikin bulat2 biar cantik... Tapi tadi aku nggak sempat, karena pagi2 sudah hectic 😄
6. Bakar memakai arang/grill pan/kalo aku tadi pake kompor gas dan bakaran ikan, dioles mentega dan kecap manis. Bakar sampai matang
7. Sajikan dengan bumbu kecap, taburi bamer iris, dan lombok rawit iris. 

Next time mau bikin lagi dengan suasana tenang dan santai, rasanya maknyuss seperti sate kambing khas kudus (pakai bumbu kecap) 



2 komentar:

  1. Alhamdulillah sempat dicicipin menu ini. Buatku yang bisanya masak jamur digoreng krispi aja, jadi dapet variasi cara masak jamur. Apalagi aku suka kecap, jadi cocok di lidahku.

    BalasHapus
  2. Hai atin....

    Makasih ya sudah dikomen, dan makasih juga testinya

    BalasHapus

Kakak ternyata suka sushi